Rabu, 17 Oktober 2012

Perkembangan Agama Islam di Indonesia

        Islam masuk ke Indonesia pada abad ke 7 masehi. Saat itu masyarakat Indonesia sudah mempunyai keyakinan atau agama yaitu hindu-budha yang pertama masuk keindonesia. Penyebaran agama islam awalnya dari perdagangan dan pelayaran. Penyebaran dari perdagangan dimulai dari pedagang arab, cina, Gujarat, dan Persia. Dari awal nya perdagangan terus menerus berlanjut dengan dakwah, perkawinan antara pedagang dengan penduduk asli Indonesia dan berkembang sampai sekarang. Perkembangan agama islam sangat pesat, apalagi berdirinya kerajaan islam di Indonesia. Kerajaan yang tertua yaitu Kerajaan Samudra pasai sampai Kerajaan ternate-tidore. Banyak peninggalan dan warisan yang tertinggal dari kerajaan tersebut. Peninggalan-peninggalan sejarah bercorak Islam antara lain masjid, kaligrafi, karya sastra, dan tradisi keagamaan.





       Saat ini kita akan membahas tentang proses masuknya agama islam dengan berbagai proses. Islam masuk ke Indonesia, bukan dengan peperangan ataupun penjajahan. Islam berkembang dan tersebar di Indonesia justru dengan cara damai dan persuasif berkat kegigihan para ulama. Karena memang para ulama berpegang teguh pada prinsip Q.S. al-Baqarah ayat 256 :  yang artinya, Tidak ada paksaan dalam agama.


     1.     Perdangangan.
Kegiatan perdagangan sudah lama dijalin oleh Indonesia dengan bangsa arab. Rute perdagangan melalui laut yang sering dipakai dalam oleh bangsa Indonesia dan bangsa-bangsa lainnya adalah Selat Malaka, Laut Cina Selatan, Samudera Indonesia, Teluk Persia, Laut Merah, Laut Hitam, sampai Laut Tengah.
Sejak abad ke 7, sistem perdagangan Islam sudah terasa lebih maju dari bangsa-bangsa lainnya. Hal ini ditandai dengan :
1. Munculnya sistem perdagangan bebas, yaitu jual beli barang tanpa batas syarat.
2. Menggunakan perdagangan saham, bagi bangsawan bisa memberikan modal kepada suatu perusahaan dagang dengan membeli saham.
3. Banyaknya pelabuhan-pelabuhan yang dikuasai oleh pedagang Islam.
Jadi karena bangsa arab yang suka berlayar untuk melakukan transaksi jual beli maka kegiatan penyebaran nya mereka lakukan saat itu juga.

       2.     Kultul.
Penyebaran agama islam dengan media seni. Seperti sunan kali menyebarkan agama islam dengan wayang kulit. Sunan muria dengan kesenia gamelan yang sampai saat ini kesenia itu sangat popular di Indonesia. Ada juga dengan membuat suatu permain atau sebuah mainan yang membuat masyarakat tertarik.



       3.     Pendidikan.

Untuk pendidikan adanya pesantren, yaitu sekolah yang lebih banyak memberikan ilmu tentang agamanya kepada murid. Presanten adalah lembaga yang paling baik untuk penyebaran agama islam



       4.     Politik
Raja menguna politik dengan mengajak rakyatnya untuk menganut agama yang dianut oleh rajanya. Kegiatan yang tanpa paksaan namun membuahkan hasil yaitu kegiatan dakwah yang dilakukan oleh sultan.



        Islam uang sangat cepat diterima oleh masyarakat tidak jauh dari faktor-faktor pendukung nya:
  • Perkawinan alkuturasi antara para pelayaran dari bangsa lain dengan penduduk asli Indonesia
  • Sistem pondom presantren
  • Kegiatan dakwah yang tidak pernah berhenti
  • Adanya seni yang mengembang pola pikir masyarakat Indonesia.


·        



Tidak ada komentar:

Posting Komentar