Senin, 05 November 2012

Fungsi Keluarga


Keluarga adalah  suatu kelompok yang terdiri dari ayah, ibu, serta anak-anak dalam suatu rumah yang dapat menjalankan peranan masing-masing secara baik,sehingga dapat menimbulkan kerukunan, kenyamanan, serta keharmonisan dalam rumah tangga.  Setiap anggota keluarga memiliki masing – masing peran tersendiri dalam keluarga. Secara keseluruhan fungsi keluarga adalah tempat kita berbagi suka duka , kasih sayang, yang tercipta karena hubungan darah yang mengikat mereka. Bagi saya keluarga adalah hal yang sangat terpenting bagi hidup saya.
Kita bukan apa apa tanpa adanya keluarga. Tempat bersosialisi kita yang pertama adalah keluarga. Kita mengenal interaksi dengan mahluk lain yaitu keluarga. Keluarga yang membentuk pribadi kita sampai saat ini. Bagaimana kita bersikap, bertindak yang mengajari itu semua adalah keluarga kita. Khusus nya orang tua kita yaitu ayah dan ibu.
Ayah adalah pemimpin dari suatu keluarga. Dia lah tulang punggung keluarga. Dia mempunyai hak terbesar didalam kelurga karena dia yang mengatur keluarga itu sendiri. Bukan hanya pencari nafkah keluarga, ayah adalah orang yang membimbing istri, dan anak nya ke jalan yang baik. Ibu adalah seorang yang mengurus rumah tangga. Dia lah . Ibu juga bisa mencari nafkah tambahan, membimbing, merawat, mengasuh dan mendidik anak-anak hingga mencapai usia dewasa. ibu mengepalai urusan rumah tangga selagi ayah tidak di rumah.
 Fungsi Keluarga Ada beberapa fungsi yang dapat dijalankan keluarga, sebagai berikut :
  1. Fungsi Pendidikan, peran keluarga memberikan ilmu pengetahuan kepada anak melalui sekolah yang menjadi bekal untuk dimasanya yang akan datang.
  2. Fungsi Sosialisasi anak, bagaimana peran keluarga membimbing anak nya menjadi individu yang baik ditengah masyarakat.
  3. Fungsi Perlindungan, keluarga melindungi anggota keluarganya dari perbuatan yang tidak baik
  4. Fungsi Perasaan, adanya sikap saling menghargai satu sama lain yang akan menimbulkan sikap saling tengang rasa dan terciptanya keharmonisan.
  5. Fungsi Religius, peran keluarga khusus nya orang tua kepada anak nya bahwa kita adalah mahluk hidup yang diciptakan untuk  beriman kepada tuhan yang maha esa. kita hidup untuk dunia dan diahkirat. fungsi ini sangat lah penting
  6. Fungsi Ekonomis, karena manusia selalu memenuhi kebutuhan. ada nya fungsi kepala keluarga yang mencari nafkah untuk menghidupi keluarganya.
  7. Fungsi Rekreatif, menciptakan suasana yang harmonis dengan adanya kegiatan rekreasi atau berkumpul keluarga
  8. Fungsi Biologis, meneruskan keturunan sebagai generasi penerus.
  9. Fungsi Cinta Kasih, memberi kasih sayang kepada keluaraga karena sikap yang akan membentuk prilaku seseorang.
Namun secara garis besar fungsi keluarga bagi saya adalah orang yang mengerti dengan kita , peduli dengan kita, menerima kita apaadanya. Mereka yang akan selalu berada di sisi kita saat kita berada dalam situasi yang tidak kita harapkan.


http://id.wikipedia.org/wiki/Keluarga
http://www.bkkbn.go.id/ViewArtikel.aspx?ArtikelID=35

Tidak ada komentar:

Posting Komentar