Kamis, 09 Januari 2014

Sejarah Google


Google... siapa yang tidak tahu dengan search engine ini. Alat pencari informasi yang membantu kita saat mencari sesuatu di internet. Google sendiri adalah hasil karya dua mahasiswa Stanford University, California. Dua mahasiswa ini yaitu Larry Page dan Sergey Brin mereka berdua membuat search engine dengan nama “BackRub” karena memiliki sistem yang melakukan pengecekan backlink untuk memperkirakan tingkat penting tidaknya sebuah situs.

Mereka menggunakan Algoritma untuk mengurutkan halaman situs dan dengan menggunakan analisis matematika dengan memnghubungkan situs web agar menghasilkan halaman pencarian informasi yang baik dengan halaman pencarian informasi sebelum nya. Yakin bahwa halaman dengan paling banyak link menuju halaman tersebut dari halaman-halaman web relevan lainnya merupakan halaman-halaman yang paling relevan maka Larry Page dan Sergey Brin melakukan pengujian dan menjadikan thesis mereka sebagai penelitian untuk search engine mereka. Akhirnya search engine buatan mereka digunakan oleh Stanford University di google.stanford.edu. Dan domain google.com diregistrasikan pada 15 september 1997 dan menjadi perusahaan Google Inc.

Nama Google sendiri sebenarnya adalah plesetan dari kata Googol yang berarti 10 pangkat 100, yang berarti angka 1 dan diikuti seratus angka nol yang dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa di Google ada banyak sekali informasi yang hampir “tak terhitung” banyaknya. Pada 4 September 1998, Google yang pada saat itu masih berkantor di Garasi milik salah seorang teman Larry Page dan Sergey Grin sudah mencapai investasi hingga $1,1 juta, termasuk $100,000 dari Andy Bechtolsheim, salah satu penemu Sun Microsystems. Google baru berpindah kantor pada maret 1999 ke Palo Alto. Sejak sat itu google terus berkembang dan terus memperoleh banyak kunjungan ke search enginenya karena desain yang simple dan hasil pencarian yang bagus. 

Pada tahun 2000, google mulai menjual iklan berbasis teks dengan mempertahankan uncluttered desain halaman dan untuk memaksimalkan kecepatan loading halaman. Kata kunci dijual berdasarkan pada kombinasi tawaran harga dan klik-through, dengan penawaran dimulai dari $. 5 perdetik. Bisa dilihat bagaimana suksesnya sebuah search engine yang bisa menampung jutaan informasi yang dibutuhkan oleh semua orang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar