Jumat, 29 November 2013

TUGAS TOU#1

1.Apa beda pengaruh, kekuasaan dan wewenang?

Pengaruh adalah yaitu daya yang ada dan timbul dari sesuatu (benda,orang) yang ikut membentuk watak, kepercayaan dan perbuatan seseorang (menurut kamus bahasa indonesia(2001:849)).
                                     
Kekuasaan adalah kemampuan seseorang atau kelompok untuk memengaruhi tingkah laku orang atau kelompok lain sesuai dengan keinginan dari pelaku (Miriam Budiardjo,2002) atau Kekuasaan merupakan kemampuan memengaruhi pihak lain untuk berpikir dan berperilaku sesuai dengan kehendak yang memengaruhi (Ramlan Surbakti,1992).

Wewenang adalah hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu.
Ada 2 pandangan mengenai sumber wewenang, yaitu :
     1.      Formal, bahwa wewenang di anugerahkan karena seseorang diberi atau dilimpahkan/ diwarisi hal tersebut.
      2.      Penerimaan, bahwa wewenang seseorang muncul hanya bila hal itu diterima oleh kelompok/individu kepada siapa wewenang tersebut dijalankan.

Kekuasaan(power) sering di campur adukan dengan wewenang. Bila wewenang adalah hak untuk melakukan sesuatu, kekuasaan adalah kemampuan untuk melakukan hal tersebut. Kekuasaan posisi (position power) di dapat dari wewenang formal suatu organisasi. Kekuasaan pribadi (personal power) di dapatkan dari para pengikut dan didasarkan atas seberapa besar pengikut dan di dasarkan atas seberapa besar para pengikut mengagumi dan respeck pada seorang pemimpin.


2.Teknik Pengambilan Keputusan?

Keputusan adalah suatu reaksi terhadap beberapa solusi alternatif yang dilakukan secara sadar dengan cara menganalisa kemungkinan - kemungkinan dari alternatif tersebut bersama konsekuensinya. Pengambilan keputusan (desicion making) adalah melakukan penilaian dan menjatuhkan pilihan. Keputusan ini diambil setelah melalui beberapa perhitungan dan pertimbangan alternatif. Setiap proses pengambilan keputusan selalu menghasilkan satu pilihan final . Keluarannya bisa berupa suatu tindakan (aksi) atau suatu opini terhadap pilihan.

Teknik pengambilan keputusan :
       1.      Teknik Kreatif.
a.       Brainstorming, adalah Berusaha untuk menggali dan mendapatkan kreatifitas maksimum dari kelompok dengan memberikan kesempatan para anggota untuk melontarkan ide-idenya.
b.      Synectics, didasarkan pada asumsi bahwa proses kreatif dapat dijabarkan dan diajarkan, dimaksudkan untuk meningktakan keluaran (output) kreatif individual dan kelompok.

       2.      Teknik Partisipatif, Individu individu atau kelompok dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan.
 3.      Teknik Modern,
a.    Teknik Delphi, pengambilan keputusan tidak melakukan interaksi tatap muka. Jadi, dengan teknik ini sangat mungkin kita dapatkan sejumlah pakar tanpa harus mengumpulkan mereka pada disatu tempat pada waktu yang sama
b.     Teknik Kelompok Nominal, gagasan – gagasan digali secara nominal ( tanpa interaksi ) guna menghindari hambatan dan permufakatan.





3.Unsur- Unsur Komunikasi?

Komunikasi berasal dari bahasa Latin, “comunis” yang berarti membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih. Komunikasi adalah suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang,  kelompok,  organisasi, dan masyarakat menciptakan , dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.
Unsur-unsur komunikasi
Arestoteles, ahli filsafat Yunani Kono dalam bukunya Rhetorica  menyebut bahwa suatu proses komunikasi memerlukan tiga unsur yang mendukungnya, yakni siapa yang berbicara, apa yang dibicarakan, dan siapa yang mendengarkan.
1.      Sumber adalah dasar yang digunakan dalam penyimpanan pesan dan digunakan dalam rangka memperkuat pesan itu sendiri. Seperti orang, lembaga, buku, dokumen, dan sejenisnya.
2.      Komunikator adalah manusia berakal budi yang berinisiatif menyampaikan pesan untuk mewujudkan motif komunikasinya.
3.      Pesan adalah keseluruhan dari apa yang disampaikan oleh komunikator atau isi atau maksud yang akan disampaikan oleh satu pihak kepada pihak lain.
4.      Channel / Saluran adalah saluran penyampaian pesan, isa juga disebut dengan media. dalam komunikasi antar-pribadi (tatap muka) saluran dapat berupa udara yang mengalirkan getaran nada/suara.
5.      Komunikasi digolongkan menjadi personal, kelompok dan massa.
6.      Efek hasil akhir dari suatu komunikasi, yaitu sikap dan tingkah laku, sesuai atau tidak dengan yang diinginkan.
7.      Faktor-faktor yang diperhatikan dalam proses komunikasi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar