Sabtu, 23 April 2016

Membuat objek di Blender-2

Pembuatan Objek Kasur

Setelah sebelumnya kita membuat objek tempat tidur. Untuk membuat objek kasur, klik Add pada Menu bar, kemudian  pilih Mesh dan klik Cube. Atur ukuran cube dengan menekan tombol s + sumbu x,y,z. Ubah bentuk cube menjadi bentuk balok agar sesuai dengan objek tempat tidur. Pastikan pada saat membuat objek baru untuk mengubah tab mode menjadi Object Mode agar tidak terjadi kesusahan pada saat mengatur letak dan posisi objek.
Mengatur Letak Objek

Setelah itu pindah ke tab edit mode pada windows mesh tool à add subdivide atur number of cuts menjadi 4 dan smoothness 0.8. Agar bentuk objek lebih halus pilih object modifier à add modifier à subdivision surfaces. Ubah view pada subdivions menjadi 2.

Subdivide Objek

Tampilan Objek Kasur

Pembuatan Objek Bantal
Untuk membuat objek bantal, klik Add pada Menu bar, kemudian  pilih Mesh dan klik Cube. Atur ukuran cube dengan menekan tombol s + sumbu x,y,z. Ubah bentuk cube agar menjadi bentuk balok agar sesuai dengan objek bantal. 

Membuat Objek Bantal

Setelah itu pindah ke tab edit mode dan tekan Ctrl+R untuk memberikan vertex point pada objek fungsinya untuk memotong objek menjadi beberapa bagian agar kita bisa membuat objek baru. Pilih edge select pada bagian atas dan bawah tekan Ctrl+Z untuk mengecilkan ukuran objek dan pilih edge select pada bagian kiri dan kanan tekan Ctrl+X untuk memberi bentuk pada objek.

Edge Select pada Objek

Agar bentuk objek lebih halus pilih object modifier à add modifier  à subdivision surfaces. Ubah view pada subdivions menjadi 2. Untuk membuat jumlah bantal menjadi dua pilih dulpicate Objects atau tekan Shift+D.

Tampilan Objek Bantal

Untuk memberikan warna pada objek agar objek tiga dimensi terlihat lebih menarik. Pemberian warna dengan klik simbol Material pada tool button. Setelah klik simbol material klik.

Memberi Warna Pada Material

Setelah itu buat objek lainnya seperti kasur, bantal, selimut dan tv dengan langkah- langkah yang sama seperti sebelumnya. bentuk membuat objek yang lain, klik Add +Mesh lalu pilih object yang ingin dibuat. Sehingga menghasilkan objel kamar berserta isinya. Jika objek semua selesai dibuat maka di render untuk melihat hasilnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar