Sabtu, 23 April 2016

Membuat Objek di Blender

Dalam pembuatan tiga dimensi ini penulis melakukan tahap modeling. Software yang digunakan untuk membuat objek tiga dimensi menggunakan Blender 2.67. Model yang akan dibuat adalah tempat tidur, kasur, dinding, sofa, bantal, selimut, serta furniture didalam kamar. Adapun langkah dalam pembuatan model tiga dimensi dimulai dengan membuka Blender 2.67, dan akan muncul objek dasar kubus pada lembaran kerja.
Tampilan Awal Blender 2.67b

Pembuatan Objek Tempat Tidur
Untuk membuat objek tempat tidur, caranya klik Add pada Menu bar, kemudian  pilih Mesh dan klik Cube.
Add Cube

Klik tab untuk pindah ke edit mode.  Atur ukuran cube dengan menekan S pada keyboard, atur panjang cube sesuai sumbu. Jika ingin mengubah panjang cube pada sumbu x tekan S + X,  untuk  mengubah panjang cube pada sumbu y tekan S + Y dan untuk  mengubah panjang cube pada sumbu Z tekan S + Z. Sedangkan untuk mengatur rotasi pada cube dengan menekan R +  sumbu yang ingin diputar. 

Tampilan Cube

Setelah itu tekan Ctrl+R untuk memberikan vertex point pada cube fungsinya untuk memotong objek menjadi beberapa bagian agar kita bisa membuat objek baru. Untuk memperpanjang sisi gunakan extrude atau tombol e pada keyboard. Gunakan teknik tersebut untuk membuat tempat tidur

Memberi Vertex Point

Mengextrude Vertices

Mengextrude Vertices


Tidak ada komentar:

Posting Komentar