Sabtu, 23 April 2016

STRUKTUR PERULANGAN PADA PASCAL

Blok pengulangan merupakan blok program yang memiliki mekanisme untuk melakukan pengekseksekusian statment secara berulang. Hal ini akan membuat program yang ditulis lebih efesien. Bahsa pascal memiliki tiga buah kontruksi untuk melakukan pengulangan, yaitu dengan menggunakan statemen for, while...do, repeat...until.
                            
1.  Statment for.
Kontruksi pengulangan for digunakan untuk melakukan pengulangan yang banyak. Dalam pengulangan jenis ini kita akan membutuhkan sebuah variabel sebagai indeks pengulangan yang dapat bertipe bilangan bulat.



 contoh pemakaian for .. do




2.  Statment While Do.

Kontruksi pengulangan while ini terdapat suatu kondisi yang harus diperiksa terlebih dahulu. sehingga program dapat menentukan tindakan apa yang harus dikerjakan, tergantung dari kondisi yang diseleksi tersebut. Aksi dalam while akan dilakukan selama kondisi memiliki nilai true, dan aksi mungkin tidak dilakukan sama sekali jika di awal loop kondisi sudah bernilai false. Hal yang perlu diperhatikan dalam loop ini adalah kepastian bahwa loop akan berhenti (bahwa suatu saat kondisi akan bernilai false) atau dengan kata lain perulangan WHILE-DO tidak dilakukan jika kondisi tidak terpenuhi.

Bentuk Umum:


batas_awal;
while batas_akhir do
begin
  statement/pernyataan_yang_akan_diulang;
end

 
contoh penggunaan while .. do


3.  Statment Repeat Until.

Blok pengulangan repeat mirip dengan blok pengulangan while, perbedaannya hanya pada jenis ini pengulangan akan terus dilakukan apabila kondisi yang didefenisikan masih bernilai false, jadi pengulangan akan berhenti pabila kondisi bernilai true.dalam pengulangan jenis ini kondisi akan dituliskan di akhir blok.

Bentuk umum:
Repeat
   Statemen;
   ....
Until (kondisi)

 
contoh pemakaian repeat ... until


Referensi:
Raharjo,Budi. Teknik Pemograman Pascal, Informatika Bandung , 2005
susi22.staff.gunadarma.ac.id/.../Konsep+Dasar+Bahasa+Pascal-ok.doc
modul ilab gunadarma

2 komentar: