Sabtu, 19 Januari 2013

Diferensiasi Sosial

Diferensisasi sosial dari kata tersebut kita bisa berkomentar Adanya suatu perbedaan terjadi dilingkungan sosial. Perbedaan itu terjadi karena adanya cara pandang seseorang tentang sesuatu, yang bisa terjadinya konflik. Coba saja kita lihat di lingkungan kita sendiri. Contohnya Genk, bisa kita lihat dikehidupan sosial kita sebagai anak remaja. banyak nya genk. kalo bagi pendapat orang yang memiliki genk , dia akan menjawab orang yang terkumpul dalam suatu genk itu memiliki tujuan yang sama. bangga nya dengan genk tersebut mereka tidak mau bersosialisai dengan orang lain karena menurut mereka , mereka dan orang lain itu beda. Itu adalah contoh diferensiasi sosial yang lebih dekat dengan kehidupan kita.

Diferensiasi sosial yang kebanyakan kita lihat lebih mengarah terhadap pengaruh buruk . Dimana pengaruh tersebut akan membawa dampak terhadap kehidupan sosial. Banyak nya perbedaan tanpa adanya sikap tengang rasa, saling menghormati akan menghancurkan segalanya.

Pengaruh diferensiasi sosial ada 3
1. Primordialisme.
2. Etnosentrisme.
3. Sektarian ( Politik Aliran)

Perbedaan itu pasti ada, namun tanpa adanya sikap tengang rasa dan saling menghargai antar sesama itu hanya memberi dampak kehancuran dalam kehidupan sosial. Indonesia sebagai negara yang memiliki banyak ragam budaya, ras, agama tanpa ada sikap saling menghormati pasti Indonesia menjadi hancur. Perbedaan itu memberi warna pada kehidupan kita. Indonesia yang mempunyai banyak perbedaan mampu bersatu sampai sekarang ini karena berbeda beda kita tetap satu juga.

Source: Sosiologi, SMA kelas XI, Yudhistira

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar