Minggu, 13 Januari 2013

Hubungan dengan Masyarakat



            Menjalin hubungan silahturahmi itu sangat perlu. kita sebagai mahluk sosial harus menjalin komunikasi dengan siapa pun. Sikap seseorang sangat diperhatikan saat berkomunikasi dengan seseorang. Bagaimana kita bertutur kata dengan orang yang lebih tau atau muda dari kita. karena saya berasal dari ranah minang saya akan membahas tentang norma kita bersikap atau bertutur kata dengan seseorang yaitu " Kato Nan Ampek". 

          Di Minang kabau kita di ajarkan sikap bertutur kata yang betul pada tempatnya. dengan siapa kita berbicara mempunyai aturan tersendiri. Ada tata bahasa yang harus kita mengerti apa bila kita berbicara dengan seseorang. Dari segi faktor usia , kedudukan nya kita mempunyai aturan tertentu. Maka nya adat istiadat minang kabau mengenal Kato Nan Ampek.

Kato Nan Ampek dibagi atas 4 tingkatan
1. Kato Mandaki
~ tatakrama berbicara dengan yang lebih tua
2. Kato Manurun 
~ tatakrama berbicara dengan yang lebih muda
3. Kato Mandata
~ tatakrama berbicara dengan sesama
4. Kato Malereng
~ tatakrama berbicara dengan sumando( saudara ipar ), orang yang disengani

           Mengapa kita diajarkan begini? karena kita bersikap harus dengan tingkah laku yang baik. jadi bagaimana kita bersikap baik ketika kita berbicara atau berkomunikasi dengan seseorang, karena cara berbicara seseorang akan mencermin sikap orang itu sendiri.

referensi:
http://jumpayerri.wordpress.com/2008/02/08/%E2%80%9Ckato%E2%80%9D-dalam-bahasa-minangkabau/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar